Kampoeng Ciherang Tanjungsari Sumedang

Kampoeng Ciherang Tanjungsari

Wisata Kampoeng Ciherang termasuk kawasan wisata yang relatif baru, berlokasi di wilayah Desa Cijambu,Kecamatan Tanjungsari.

Wisata Kampoeng Ciherang mulai berdiri akhir tahun 2016 di kawasan hutan pinus dekat dengan aliran sungai Ciherang dan mulai booming di sosial media pada hari libur lebaran 2017.

Wana wisata Kampoeng Ciherang menawarkan wisata alam hutan pinus yang indah dan aliran sungai ciherang yang memiliki air yang jernih. Pihak pengelola menambahkan dengan berbagai fasilitas dan wahana yang membuat betah pengunjung untuk menikmati hari libur di tempat wisata ini.

Kampoeng Ciherang


Pada mulanya kawasan hutan pinus di Kampoeng ciherang merupakan lokasi yang biasa digunakan untuk berkemah dan berwisata alam bagi anak-anak sekolah dan warga sekitar di Desa Cijambu.

Wisata Kampoeng Ciherang


Selain untuk tempat berkemah, kawasan ini juga menjadi tempat untuk wisata bermotor offroad.

Hampir seluruh lahan dipenuhi dengan tegakan pohon pinus dan terdapat aliran sungai yang airnya jernih yang dikenal dengan Sungai Ciherang yang dijadikan tempay untuk berendam dan bermain air oleh anak-anak sekolah ketika liburan dan pulang sekolah.

Sebagian aliran air sungai ini dialirkan ke saluran irigasi untuk mengairi lahan pertanian di sekitar aliran sungai. Di bagian hulunya aliran sungai ini terdapat air terjun.

Kawasan yang merupakan lahan kehutanan di bawah pengelolaan Perhutani KPH Sumedang BKPH Manglayang Timur RPH Cijambu ini sebelumnya tidak dikelola menjadi kawasan wisata.

Setelah adanya desakan dari warga dan pemerintah Desa untuk mengelola kawasan sekitar aliran sungai Ciherang ini barulah menjadi kawasan wisata dengan nama Kampoeng Ciherang.

Wisata Kampoeng Ciherang memanfaatkan potensi yang ada seperti tegakan pepohonan pinus dan aliran sungai Ciherang di areal dengan luas mencapai 12 hektar sehingga menghasilkan pemandangan alam hutan pinus yang terjaga keasriannya dengan kesegaran udaranya yang sejuk terbebas dari polusi lalu lintas.

Kesejukan Kompoeng Ciherang


Pengelola kawasan wisata Kampoeng Ciherang menambahkan fasilitas dan wahana penunjang yang akan memanjakan pengunjung.

Saat Anda berkunjung kesini, Anda akan mendaptkan banyak fasilitas dan wahana yang bisa dicoba oleh pengunjung mulai fasilitas untuk beristirahat atau menenangkan diri sampai dengan wahana yang menantang nyali atau menguji adrenalin pengunjung.

Pengunjung ke tempat wisata ini dapat mengekplorasi keindahan alam wana wisata Kampoeng Ciherang ini yang alami, juha bisa mencoba wahan-wahana permainan yang menarik bagi keluarja mereka seperti mini motocross, nkuda tunggang, rivertubbing maupun outbond khusus bagi anak-anak.

Khusus orang dewada bisa mencoba berbagai wahana outbond seperti flying fox, jembatan gantung, jaring laba-laba atau jembatan dua tali.

Ada juga wahana permainan air seperti arung jeram atau ingin berenang di kolam air yang tersedia dan aliran sungai.

Untuk pengunjung yang ingin menginap, bisa dengan memanfaatkan fasilitas camping atau berkemah dan Rumah Pohon.

Rumah Pohon


Bagi yang menyukai tanaman atau hewan peliharaan, di sini juga terdapat wahana Taman Bunga, Taman Burung, Taman Kelinci dan Taman Kupu-kupu.

Aktivitas lainnya Anda busa memancing ikan dengan cara menggunakan fasilitas kolam pemancingan.

Buat Anda yang ingin mengabadikan momen terindah saat berkunjung ke wisata Kampoeng Ciherang bisa mencoba berbagai spot atau lokasi untuk fot selfie bersama keluarga.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, kawasan Wana Wisata Kampoeng Ciherang, tujuan wisata baik bagi penduduk lokal Sumedang maupun luar Kabupaten Sumedang. Tujuan wisata yang berbeda dengan wisata-wisata yang sudah ada sebelumnya. Wana wisata ini ditunjang oleh berbagai fasilitas yang bisa dicoba oleh pengunjung seperti wahana flying foxs, jembatan gantung, jaring laba-laba, jembatan dua tali, jembatan goyang, rivertubbing, mini cross, kunda tunggang, rumah pohon, dan arung jeram. Fasilitas yang akan memanjakan pengunjungnya.

Tak ketinggalan pula, lokasi atau spot jajanan dan wisata kuliner yang mengisi kawasan Wana Wisata Kampoeng Ciherang ini. Bagi pengunjung lokasi wisata ini tidak perlu takut untuk kelaparan atau kehausan, karena tersedia berbagai jenis menu makanan dan minuman yang tersedia di warung makanan dan pedagang makanan.

Kawasan wisata Kampoeng Ciherang juga ditunjang dengan berbagai fasilitas penunjang seperti areal parkir kendaraan yang luas yang bisa menampung berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat, mushola, kamar mandi (MCK), dan penginapan.

Rute Lokasi

Kecamatan Tanjungsari. Lokasi ini bisa diakses dari pusat Kecamatan Tanjungsari dengan jarak sekitar 10 kilometer ke arah utara.

Namun belum ada angkutan umum yang menuju ke sana, hanya angkutan ojeg yang bisa digunakan selain menggunakan kendaraan pribadi atau sewaaan.

Untuk masuk ke Wana Wisata Kampoeng Ciherang ini, pengunjung hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang, ditambah biaya parkir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel